Kamis, 02 Februari 2012 | |

Belajar yang efektif itu gimana ya??


Belajar merupakan hal yang sangat membosankan bagi sebagian besar orang. Kenapa ya? Mungkin malas mikir kali ya.. Sehingga rata-rata mereka hanya ingin belajar seminimal mungkin tapi dapat memperoleh ilmu sebanyak mungkin. (-__-‘’). Itulah kenapa sering kali kita melihat kawan-kawan kita (atau bahkan kita sendiri - jujur aja..) yang ujiannya besok maka malamnya serius belajar sedangkan hari-hari sebelumnya asik bermain. Bisa kita bayangkan gimana jawaban dia waktu ujian kan.. huhfff.. Terus waktu ujian tiba cuman bisa ngeluh “aduh, semalam padahal udah belajar tpi lupa semua”. Sehingga anda menjudge anda sendiri orang yang bodoh. Ckkck.. ini semua persepsi yang salah. Maka kita perlu cari tau apa sih sebenarnya yang salah.


Zaman globalisasi sekarang ini teknologi semakin berkembang dengan pesatnya.   Teknologi yang diciptakan untuk mempermudah pekerjaan manusia malah mempunyai sisi buruk tersendiri. Apa itu? “maless” ya kan!. Banyak sekarang teknologi termutakhir yang diciptakan untuk terus membuat manusia malas dan hanya bersantai-santai. Mulai dari berjam-jam di depan TV, betah online dari pagi mpe sore buat Facebook n Twitter, dan hiburan lainnya yang bikin betah berjam-jam. Sehingga membuat berpikir pun jadi malas. Kalo udah begini, berpikir aja jadi malas apalagi belajar. Ya kan..

Nah, sekarang saya anjurkan buat teman-teman yang merasa belajar itu susah sudah bisa membuang jauh-jauh persepsi itu. Mengapa? Karena sebenarnya belajar itu sungguh menyenangkan. Ini tipsnya :

1.     Belajar itu adalah sebuah kebiasaan.
Bagi teman-teman yang ngerasa susah mengerti dan susah masuk kepala saat belajar mungkin salah satu penyebabnya karena tidak pernah membuat jadwal khusus untuk belajar. Saya pribadi membuat jadwal belajar di waktu malam. Jadi sesudah pulang kuliah di siang hari. Refresing di sore hari, bisa dengan main bola, olahraga, dan juga bersantai bareng teman. Malam harinya adalah waktu untuk belajar.  Mungkin bagi yang lain ada yang waktu belajar tengah malam atau subuh hari. Tergantung kebiasaan teman-teman dan konsisten untuk membiasakannya.

2.     Buat suasana yang menyenangkan
Saat kita belajar juga coba ciptakan suasana yang menyenangkan.  Pertama buatlah suasana kamar yang bersih, rapi dan wangi. Trus ciptakan suasana diri dan kendalikan emosi yang pas untuk belajar. Kalo misalnya kuliah hari ini agak berat, maka gk da salahnya belajar sambil dengar musik keras-keras. Haha, biar semangat gitu maksudnya. :D . Kalo di kuliah have fun dan kita juga lagi good mood, maka belajar pun pasti akan mudah masuk.

3.     Sediakan makanan dan minuman.
Belajar itu butuh banyak energi lho…makanya sarapan itu sangat dianjurkan karena paginya butuh banyak energi buat belajar baik di sekolah, kuliah, atau dimanapun. Untuk yang lagi belajar di malam hari enggak ada salahnya juga nyediain makanan dan minuman buat pendamping belajar. Jadi untuk ngebuat refresh bisa berhenti sejenak untuk makan dan minum dulu. Tapi ini tidak disarankan bagi yang lagi program diet, hehehe :p.


            Buat yang ngehadapi ujian. Ini ada tipsnya juga. Jadi, bagi saya pribadi ada sedikit perbedaan antara belajar biasa dan belajar waktu ujian. Jadi belajar waktu ujian itu butuh energi ekstra dan manajemen waktu yang sangat baik untuk bisa menjawab soal ujian. Bagi seorang mahasiswa seperti saya pasti udah pada tau jadwal ujian jauh-jauh hari sebelum ujian itu dimulai. Maka itu “manage waktu” lah dengan sebaik mungkin. Ini ada beberapa tips dari pengalaman saya pribadi :

1.     Kumpulkan bahan.
Nah, saat tau kalo ujian bakal dimulai minggu depan maka secepatnya kita kumpul bahan yang mesti kita pelajari.  Jangan di tunda-tunda.. (ini kebiasaan buruk saya, kita dan semua :D). Jadi misal waktu malam biasanya kita sediain waktu untuk belajar maka kita korupsi waktu itu untuk buka FB n Twitteran. Wah dah sesat ne tips’a. Hehehe.. santai dulu kawan, jadi maksudnya buka jejaring sosial untuk bisa saling sharing bahan sama kawan-kawan yang punya bahan. Atau bisa juga pergi ke rumah kawan yang punya bahan lengkap dan mengkopinya. Atau malah kita sendiri udah punya bahan lengkap, waw super sekali..

2.     Persiapkan tekhnis belajar yang baik.
Tips ini bisa aja berbeda-beda tiap insan di dunia. Tips dari saya berdasarkan pengalaman saya nih, belajarlah secara bertahap. Jadi maksudnya jika ada sepuluh buku yang mesti dipelajari maka pelajari dulu secara paham satu-satu buku dulu. Sesudah buku satu, lalu buku kedua, dan terus selanjutnya. Misal dari buku-buku tersebut ada yang dianggap mudah dipahami dan susah dipahami, maka usahakan belajar dulu buku yang dianggap mudah dipahami. Setelah itu baru berusaha untuk memahami buku yang sulit dipahami, jika berkenan buat kelompok belajar untuk bisa memecahkannya.
            Terus dalam belajar usahakan membagi prioritas mana yang lebih penting, penting, biasa aja, dan tidak penting sama sekali. Jadi tidak semua bahan belajar itu kita pelajari semua. Tapi pelajarilah hal yang kita anggap penting dan bisa kita prediksi mungkin akan kluar di soal ujian. Dan bagi yang enggak suka menghapal bisa membuat “map maping”

3.     Mengulang apa yang telah kita pelajari.
Inilah tips terakhir yang sangat penting. Jadi, walaupun kita udah belajar mati-matian untuk ujian tapi tidak me”review” maka percuma aja. Usahakan mereview sehari sebelum ujian atau bisa juga malam sebelum ujian. Dalam mereview tidak perlu usaha keras, tapi hanya sekedar mengingat dan memahami. Ada juga kawan saya yang mereview pelajaran di subuh hari sebelum ujian mulai. Semua tergantung anda, yang terpenting adalah saat mereview maka bukan waktunya lagi untuk belajar. Kalo anda berusaha belajar lagi saat mereview maka siap-siap aja lupa semua waktu ujian. Karena otak kita juga perlu refresh sebelum ujian mulai.

           Itu lah sekian tips belajar yang efektif dari saya. Disini saya juga ingin teman-teman bisa tersirat di hatinya jika belajar itu ternyata bukan sekedar membaca dan memahami tpi punya strategi. Jadi buatlah strategi jitu, buat anda sendiri. Juga, sudah semestinya kita menghapus anggapan yang membedakan teman-teman kita ada yang bodoh dan ada yang pintar, karena sebenarnya hanya cara belajar lah yang salah, bukan orangnya yang salah sehingga dia tidak bisa belajar efektif dan tidak bisa menjawab soal ujian. Maka sudah semestinya saat ujian berlangsung gk perlu milih-milih tempat duduk dekat orang yang kita anggap pintar,, hahaha :D

0 komentar:

Posting Komentar